CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI
Capaian pembelajaran yang diharapkan akan dicapai oleh lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan dibagi menjadi 4 (empat) ranah capaian pembelajaran, yaitu (1) sikap, (2) pengetahuan, (3) keterampilan umum, dan (4) keterampilan khusus. Uraiannya sebagai berikut.
NO. | DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika akademik; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasayarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
S11 | Memahami dirinya secara utuh sebagai sarjana pendidikan |
S12 | Mampu beradaptasi, bekrjasama, berkreasi, berkonstribusi dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengethauan dalam kehidupan bermasayarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia |
S13 | Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami, arti plagiarisme, jenis – jenisnya dan upaya pencegahannya serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme. |
S14 | Mengiternalisasi sikap apsresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai- nilai sosial budaya yang berkembang dimasyarakat. |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme; |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan teknologi pendidikan sesuai dengan konteks dan perubahan zaman; |
KK2 | Mampu menggunakan dan mengembangkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran terkini untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran baik pendidikan formal dan nonformal; |
KK3 | Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah dalam bidang teknologi pendidikan; |
KK4 | Mampu menjadi trainer handal dan dapat merencanakan, mengelola dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) dalam masyarakat. |
KK5 | Menguasai metodologi penelitian serta mempunyai kemauan/kesanggupan melakukan penelitian, mengkaji masalah-masalah yang relevan dengan bidang teknologi pendidikan dan menyajikan hasil penelitiannya yang berdasarkan fakta. |
KK6 | Mengelolah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan |
KK7 | Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pengembangan ke ilmuan dan implementasi bidang ke ahlian |
KK8 | Menganalisis konsep teoritis teknologi pendidikan secara mendalam; |
KK9 | Menyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan; |
KK10 | Menerapkan konsep teoretis pembelajaran, yang meliputi kemampuan: (1) mendesain program pembejalaran, (2)merencanakan proses pembelajaran, (3)dan melaksanakan proses pembelajaran; |
KK11 | Menerapkan model dan strategi pembelajaran inovatif; |
KK12 | Menerapkan etika pofesi teknologi pendidikan. |
Pengetahuan | |
P1 | Mampu menguasai dan memahami konsep teoretis pendidikan secara umum dan konsep teoretis dan praktis teknologi pendidikan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan; |
P2 | Mampu menyelenggarakan pembelajaran bidang multimedia serta teknologi informasi dan komunikasi menggunakan strategi pembelajaran inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis; |
P3 | Mampu memilah dan memilih serta mengelolah sumber belajar dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didik; |
P4 | Menguasai metodologi penelitian dalam bidang teknologi pendidikan; |
P5 | Menguasai keterampilan kerja dan manajemen sumber belajar untuk semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan. |
P6 | Mampu menjadi trainer handal dan dapat merencanakan, mengelola dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) dalam masyarakat. |
P7 | Mampu mengembangkan potensi diri dan kelompok dalam bidang teknologi pendidikan, kewirausahaan, untuk keperluan penunjang tujuan pembelajaran. |
P8 | Melakukan pendalam bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan zaman. |
P9 | Menguasai konsep teoretis pembelajaran; Khususnya desain, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran; |
P10 | Menguasai konsep umum dan pengetahuan operasional model dan strategi pembelajaran inovatif; |
P11 | Menguasai konsep umum dan pengetahuan operasional media pembelajaran dan sumber belajar; |
P12 | Menguasai wawasan etika pofesi teknologi pendidikan; |
P13 | Menguasai konsep teoritis dan evaluasi dan pengembangan kurikulum dan konsep pengetahuan yang sesuai dengan lingkup tugasnya |
P14 | Menguasai landasan, pendekatan, prinsip desain dan model pengembangan kurikulum. |